Ranci, Ni Wayan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 3 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-14. ISSN 1907-3232
|
Text
NI WAYAN RANCI, S.Pd.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tampaksiring di kelas V yang kemampuan siswanya untuk materi pelajaran Matematika masih tergolong sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 60,00, pada siklus I menjadi 70,00 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 80,71. Ketuntasan belajar meningkat dari 28,57% pada awal pembelajaran menjadi 75,00% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 05:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 05:55 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/782 |
Actions (login required)
View Item |