Suarjana, I Made (2019) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 BLAHBATUH SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232
|
Text
I MADE SUARJANA, S.Pd.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh di kelas kelas XII MIPA 1 yang kemampuan anaknya untuk kompetensi mata pelajaran Matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan model pembelajaran Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 69,5 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 73,12 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,87. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII MIPA 1 di SMA Negeri 1 Blahbatuh. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Explicit Instruction.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 05:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 05:50 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/780 |
Actions (login required)
View Item |