MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CO-OP CO-OP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 1 KENDERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yasminuati, Ni Ketut (2019) MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CO-OP CO-OP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 1 KENDERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI KETUT YASMINUATI, S.Pd.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kenderan di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk materi IPA rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan mengoptimalkan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op pada siswa Kelas V Semester I SD Negeri 1 Kenderan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 65,83, pada siklus I menjadi 69,88 dan pada siklus II menjadi 77,38. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op, prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 05:36
Last Modified: 13 Mar 2020 05:36
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item