Yasminuati, Ni Ketut (2019) MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CO-OP CO-OP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 1 KENDERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232
|
Text
NI KETUT YASMINUATI, S.Pd.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kenderan di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk materi IPA rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan mengoptimalkan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op pada siswa Kelas V Semester I SD Negeri 1 Kenderan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 65,83, pada siklus I menjadi 69,88 dan pada siklus II menjadi 77,38. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 05:36 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 05:36 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
View Item |