Wati, Desak Putu (2019) OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEMESTER II SD NEGERI 5 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
DESAK PUTU WATI.pdf Download (472kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Gianyar di Kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Matematika cukup rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VI semester II SD Negeri 5 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 64,8, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69,7 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 76.,Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 05:17 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 05:17 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |