Murniati, Ni Ketut (2019) PENGGUNAAN MODEL PAIKEM DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PELUANG SISWA KELAS IXE SMP NEGERI 3 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-15. ISSN 1907-3232
|
Text
NI KETUT MURNIATI.pdf Download (793kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi peluang dengan menggunakan pembelajaran model Paikem dengan metode demonstrasi. Subyek penelitian diambil berdasarkan pada masalah hasil belajar matematika yang terjadi di kelas IXE dengan jumlah siswa 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata pemahaman konsep dari 74,76 pada siklus I menjadi 78,46 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar matematika pada materi Peluang dari rata-rata 78,87 pada siklus I menjadi rata-rata 82,89 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 67,57% pada siklus I menjadi 86,49% pada siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan model Paikem dengan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika dengan materi peluang berkatagori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru matematika bisa menggunakan model Paikem dengan metode demonstrasi khususnya pada materi peluang sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci: Model PAIKEM, Metode Demonstrasi, dan Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 05:03 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 05:03 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/767 |
Actions (login required)
View Item |