PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MIPA3 MA NEHGERI 1 BAHBATUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wesnawati, Ni Made (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MIPA3 MA NEHGERI 1 BAHBATUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI MADE WESNAWATI.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMA Negeri 1 Blahbatuh di Kelas X MIPA 3 semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 67,71 pada siklus I menjadi 72,71 dan pada siklus II menjadi 79,42. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Blahbatuh. Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Mastery Learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 05:00
Last Modified: 13 Mar 2020 05:00
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item