Arya, I Gusti Nyoman (2019) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN TRADISIONAL DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI OLAHRAGA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 5 UBUD TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
GUSTI NYOMAN ARYA.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dilakukan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini di SD Negeri 5 Ubud, pada Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan melalui Model Pembelajaran Ekspository dengan Penggunaan pendekatan Permainan Tradisional. Model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian tindakan penelitian kelas ini melibatkan 25 subyek penelitian yang berlaku pada 2 siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tes prestasi belajar merukan alt yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis diskriptis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan adanya kemampuan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal dari 68,2 meningkat menjadi 75 pada siklus I dan meninngkat menjadi 79,2 pada siklus II , dengan ketuntasan belajar awal 44% pada siklus I meningkat menjadi 72% dan pada siklus II menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Ekspositori Dengan Memanfaatkan Permainan Tradisional dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 5 Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018 . Kata kunci: Permainan tradisional, Kebugaran Jasmani, Prestasi Belajar Penjasorkes
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:58 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:58 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/765 |
Actions (login required)
View Item |