Nuryathi, Desak Nyoman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII MIPA6 SEMESTER I SMA NEGERI 1 BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232
|
Text
DESAK NYOMAN NURYATHI.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh di kelas XII MIPA6 yang kemampuan siswanya untuk materi pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA6 SMA Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran artikulasi. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA6. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 70,27, pada siklus I menjadi 74,72 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 81,94. Ketuntasan belajar meningkat dari 30,55% pada awal pembelajaran menjadi 55,55% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA6 SMA Negeri 1 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:55 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/764 |
Actions (login required)
View Item |