Padmiati, Ni Wayan MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN METODE BERCERITA DAN PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS I SEMESTER I SD NEGERI 1 BONA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-14. ISSN 1907-3232
|
Text
NI WAYAN PADMIATI.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 1 Bona pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan metode bercerita dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 61,00 dengan ketuntasn belajar hanya mencapai 30,00%, pada siklus I meningkat menjadi 69,00 dengan ketuntasan belajar mencapai 75,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,50 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 1 Bona pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan metode bercerita dan pemberian tugas. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mastery Learning, Metode Bercerita dan Pemberian Tugas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:50 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/763 |
Actions (login required)
View Item |