Oka Astiti, A. A. I (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 4 KELUSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-17. ISSN 1907-3232
|
Text
A. A. I. OKA ASTITI.pdf Download (472kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Kelusa di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk materi pelajaran PKn masih tergolong sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 4 Kelusa pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 68,75, pada siklus I menjadi 75,00 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 81,50. Ketuntasan belajar meningkat dari 40,00% pada awal pembelajaran menjadi 70,00% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 4 Kelusa pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Media Audio visual, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:45 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:45 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/761 |
Actions (login required)
View Item |