UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) SISWA KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 1 BLAHBATUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Made Kartika, Ida Ayu (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) SISWA KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 1 BLAHBATUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
IDA AYU MADE KARTIKA.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh di kelas XII MIPA 2 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XII MIPA 2 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 67,30, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,28 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 76,79. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Blahbatuh. Kata kunci: Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:34
Last Modified: 13 Mar 2020 04:34
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item