Made Kartika, Ida Ayu (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) SISWA KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 1 BLAHBATUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232
|
Text
IDA AYU MADE KARTIKA.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh di kelas XII MIPA 2 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XII MIPA 2 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 67,30, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,28 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 76,79. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Blahbatuh. Kata kunci: Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:34 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:34 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/759 |
Actions (login required)
View Item |