Sunarta, I Wayan (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR IPA SISWA KELAS VII A SEMESTER II SMP NEGERI 2 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
I WAYAN SUNARTA.pdf Download (547kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tegallalang di kelas VII A yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 65,31 pada siklus I meningkat menjadi 69,84 dan pada Siklus II meningkat menjadi 78,43. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tegallalang dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I dalam proses pembelajaran. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 02:07 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 02:07 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
View Item |