PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR IPA SISWA KELAS VII A SEMESTER II SMP NEGERI 2 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sunarta, I Wayan (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR IPA SISWA KELAS VII A SEMESTER II SMP NEGERI 2 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I WAYAN SUNARTA.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tegallalang di kelas VII A yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 65,31 pada siklus I meningkat menjadi 69,84 dan pada Siklus II meningkat menjadi 78,43. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tegallalang dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I dalam proses pembelajaran. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe T A I, prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:07
Last Modified: 12 Mar 2020 02:07
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item