PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN METODE JOYFULL LEARNING DENGAN MEDIA KARTU ANGKA

Swandewi Jelantik, Ketut (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN METODE JOYFULL LEARNING DENGAN MEDIA KARTU ANGKA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
KETUT SWANDEWI JELANTIK.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas I Semester II SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui penggunaan metode joyfull learning dengan media kartu angka pada siswa kelas I semester II tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelas I Semester II SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2018/2019, penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 67,39 meningkat menjadi 73,39 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,21 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 25,00% pada siklus I meningkat menjadi 60,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,43%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah prestasi belajar Matematika dapat meningkat melalui penggunaan metode joyfull learning dengan media kartu angka pada siswa kelas I Semester II SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Prestasi Belajar, Metode Joyfull Learning, Media Kartu Angka

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:26
Last Modified: 12 Mar 2020 01:26
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item