PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD NEGERI 1 CEMPAGA

Putri Widnyani, Ida Ayu (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD NEGERI 1 CEMPAGA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
IDA AYU PUTRI WIDNYANI.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Cempaga di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 1 Cempaga. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 67,15, pada Siklus I meningkat menjadi 74,89. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 84,19 dengan ketuntasan belajar awal 56% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 1 Cempaga. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:18
Last Modified: 12 Mar 2020 01:18
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item