Putri Widnyani, Ida Ayu (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SD NEGERI 1 CEMPAGA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232
|
Text
IDA AYU PUTRI WIDNYANI.pdf Download (658kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Cempaga di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 1 Cempaga. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 67,15, pada Siklus I meningkat menjadi 74,89. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 84,19 dengan ketuntasan belajar awal 56% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 1 Cempaga. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar PKn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:18 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:18 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/753 |
Actions (login required)
View Item |