Merta, I Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
I KETUT MERTA.pdf Download (755kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Serangan di Kelas VI Semester I yang prestasi belajar PPKN masih rendah. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PPKN pada siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 2 Serangan tahun pelajaran 2017/2018 dengan Penerapan model pembelajaran Kuantum. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut,nilai rata-rata data awal 66,90 pada siklus I nilai rata-rata menjadi 70,69. Pada siklus II nilai rata-rata 77,62. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari total 42 siswa, hanya 19 siswa pada data awal yang tuntas (45,24%) pada data awal, kemudian menjadi 23 siswa (54,76%) pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 41 siswa (97,62%). Simpulan pada penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN pada siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 2 Serangan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran kuantum, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:16 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:16 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
View Item |