PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN

Merta, I Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I KETUT MERTA.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Serangan di Kelas VI Semester I yang prestasi belajar PPKN masih rendah. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PPKN pada siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 2 Serangan tahun pelajaran 2017/2018 dengan Penerapan model pembelajaran Kuantum. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut,nilai rata-rata data awal 66,90 pada siklus I nilai rata-rata menjadi 70,69. Pada siklus II nilai rata-rata 77,62. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari total 42 siswa, hanya 19 siswa pada data awal yang tuntas (45,24%) pada data awal, kemudian menjadi 23 siswa (54,76%) pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 41 siswa (97,62%). Simpulan pada penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN pada siswa Kelas VI Semester I SD Negeri 2 Serangan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran kuantum, prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:16
Last Modified: 12 Mar 2020 01:16
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item