Tarpa, I Wayan (2019) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I DI SD NEGERI 1 PENGOTAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232
|
Text
I WAYAN TARPA.pdf Download (713kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Pengotan pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang prestasi belajar PKn siswanya masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Pengotan pada semester I tahun pelajaran 2017/2018.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 63,93, pada Siklus I meningkat menjadi 74,03. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 83,27 dengan ketuntasan belajar awal 53% pada siklus I meningkat menjadi 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Pengotan pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, prestasi belajar PKn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:13 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:13 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |