PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PADA SD NEGERI 4 TAMANBALI

Genah, I Nengah (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PADA SD NEGERI 4 TAMANBALI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I NENGAH GENAH.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tamanbali di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanbali semester I tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 56,32, pada siklus I meningkat menjadi 72,32. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 77,58 dengan ketuntasan belajar awal 47% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanbali semester I tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS), prestasi belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:10
Last Modified: 12 Mar 2020 01:10
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item