Bayuna, I Nyoman (2019) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 3 BUNUTIN, BANGLI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232
|
Text
I NYOMAN BAYUNA.pdf Download (678kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Bunutin di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 3 Bunutin semester I tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 66,73, pada Siklus I meningkat menjadi 69,92. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 82,27 dengan ketuntasan belajar awal 50% pada siklus I meningkat menjadi 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 3 Bunutin semester I tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci : model pembelajaran contextual teaching and learning, prestasi belajar PKn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:05 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:05 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/749 |
Actions (login required)
View Item |