OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA

Suardana, I Gusti Made (2019) OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I GUSTI MADE SUARDANA.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Data yang masih rendah pada siswa Kelas V di SD Negeri 2 Bebalang menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan, mengingat penelitian dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Hasil tes awal Semester I yang diberikan kepada peserta didik Kelas V di SD Negeri 2 Bebalang pada mata pelajaran PKn ternyata masih belum mencapai standar minimal seperti yang ditetapkan. Pencapaian nilai rata-rata siswa baru mencapai 68,00. Dari 16 siswa di kelas hanya 7 siswa yang tuntas atau 44% tergolong berhasil mencapai ketuntasan belajar sesuai yang diharapkan sementara 17 siswa atau 45% tergolong tidak tuntas karena prestasi belajarnya masih berada di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn di kelas V Semester I SD Negeri 2 Bebalang tahun pelajaran 2017/2018 setelah menggunakan model pembelajaran Mastery Learning dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana peserta didik baru mampu mencapai nilai rata-rata 68,00 dengan presentase ketuntasan belajar 44% Kelas V dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 75% dengan rata-rata Kelas V dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 100% dengan rata-rata Kelas V Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar presentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata Kelas V. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I SD Negeri 2 Bebalang. Kata kunci :Model Pembelajaran Mastery Learning, Prestasi Belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:02
Last Modified: 12 Mar 2020 01:02
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item