PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI BEBALANG BANGLI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Murcana, Sang Made (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI BEBALANG BANGLI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-7. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
SANG MADE MURCANA.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Hasil yang diperoleh dalam penguasaan materi pelajaran pada semester I siswa Kelas V SD Negeri 3 Bebalang pada mata pelajaran PKn ternyata masih belum mencapai standar minimal seperti yang ditetapkan. Prestasi belajar mereka baru mencapai rata-rata 59,29 yaitu di bawah KKM pada mata pelajaran PKn di sekolah ini yaitu 75. Daya serap siswa terhadap pelajaran PKn hanya 57% atau 8 siswa tergolong berhasil mencapai ketuntasan belajar sesuai yang diharapkan sementara 43% atau 6 siswa belum mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa Kelas V SD Negeri 3 Bebalang setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 59,29 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 57%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran PKn di sekolah ini adalah 75. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan, yaitu rata-rata kelasnya mencapai 73,64 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 71% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 81,29 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 93%. Dengan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Bebalang tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:00
Last Modified: 12 Mar 2020 01:00
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item