IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V

Oka, I Nyoman (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I NYOMAN OKA.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Hasil ulangan harian pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti yang dilaksanakan di kelas V Semester I SD Negeri 2 Pegotan Bangli. Setelah diamati, diketahui bahwa cara dan strategi yang diterapkan untuk kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ternyata kurang sesuai. Itu terbukti setelah dilakukan evaluasi yang dilakukan, hasil yang diperoleh siswa menunjukkan tingkat penguasaan yang kurang memuaskan,karena nilai rata-rata yang diperoleh baru mencapai 68,19 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 57%. Hasil tersebut, ternyata masih belum memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Pengotan Bangli dengan subjek 21 orang siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas V semester I SD Negeri 2 Pengotan Bangli tahun pelajaran 2017/2018 setelah diimplementasikan model pembelajaran Inkuiri. Cara mengumpulkan datanya dilakukan melalui tes dan cara analisisnya adalah menggunakan analisis deskriptif. Pemerolehan hasil dari tindakan penelitian bahwa setelah semua data dianalisis terjadi peningkatan kemampuan siswa menerpa ilmu pengetahuan. KKM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti adala 82. Data awalnya baru mencapai nilai 68,19 dengan ketuntasan belajar 57% pada siklus I naik menjadi 76,14 namun ketuntasan belajar hanya 76%, dan pada siklus II naik menjadi 86 dengan ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 95%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran Inkuiri yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 00:54
Last Modified: 12 Mar 2020 00:54
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item