Nyoman Ngurah Sumudra, Ida Bagus (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VSD NEGERI KAYUBIHI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
|
Text
IDA BAGUS NYOMAN NGURAH SUMUDRA.pdf Download (514kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Kayubihi di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKn masih rendah. Terbukti dari hasil pengamatan awal prestasi belajar PKn siswa baru mencapai rata-rata 56,67. Nilai rata-rata ini masih sangat rendah bila dibandingkan dengan nilai KKM mata pelajaran PKN. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa akan terjadi setelah penerapan model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran PKn siswa kelas V Semester I SD Negeri 4 Kayubihi tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 56,67 pada siklus I menjadi 78,89 dan pada siklus II menjadi 86,11. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini dengan penggunaan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatakan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I SD Negeri 4 Kayubihi tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 00:50 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 00:50 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/743 |
Actions (login required)
View Item |