Wijaya, I Wayan (2019) REALISASI PADA MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 4 TAMANBALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
|
Text
I WAYAN WIJAYA.pdf Download (694kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tamanbali di Kelas V yang prestasi belajarnya masih rendah. Rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 4 Tamanbali yang baru mencapai rata-rata 56,32 sedangkan kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran ini yaitu 70,00 yang menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 4 Tamanbali Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 56,32 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi72,32 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,58. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar bahasa Indoneisa pada siswa kelas V semester I SD Negeri 4 Tamanbali tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Contextual Teaching And Learning, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 00:36 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 00:36 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/742 |
Actions (login required)
View Item |