Sudarta, I Nyoman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
NYOMAN SUDARTA.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
Pencapaian prestasi belajar siswa VI C Semester I SD Negeri 4 Sanur Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika berada di bawah KKM. Nilai rata-rata yang dapat diperoleh hanya 57,15, sedangkan tuntutan KKM adalah sebesar 60. Berdasarkan observasi, rendahnya prestasi belajar matematika dikarenakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika, sehingga mengakibatkan siswa cenderung menjadi pasif dalam belajar, kurang menghargai guru, dan kurang memahami materi yang disampaikan. Peneliti selaku guru di SD Negeri 4 Sanur berinisiatif untuk melakukan penelitian guna menanggulangi masalah yang terjadi. Model pembelajaran yang peneliti pilih sebagai langkah penanggulangan terhadap masalah adalah model pembelajaran student team achievement division (STAD). Model pembelajaran ini didesign untuk tim kecil yang berjumlah 4-5 orang yang masing-masing tim itu bisa diatur tingkat kemampuan siswanya maupun gendernya. Guru menyajikan pelajaran,kemudian siswa bekerja bertim dan memastikan agar masing-masing individu dalam tim dapat pekerjaan yang dikerjakan dan masing-masing tim meyakinkan dirinya agaranggotanya dapat menguasai pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar.Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran student team achievement division (STAD).pada mata pelajaran matematika telah membuat prestasi siswa meningkat. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 57,15 pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 58,45. Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 71,79. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 12 siswa (36,36%) pada data awal menjadi 17 siswa (51,52%) pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 31 siswa (93,94%). Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model pembelajaran student team achievement division (STAD) dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Kata kunci : model pembelajaran student team achievement division (STAD), prestasi belajar matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 00:30 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 00:30 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/741 |
Actions (login required)
View Item |