PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN

Maryani, Ni Komang (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN. Widyadari, 21 (26). ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI KOMANG MARYANI.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 12 Sanur. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model Inquiry . Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 68,12 dengan ketuntasan belajar 45% pada siklus I naik menjadi 79,36 dengan ketuntasan belajar 76%, dan pada siklus II naik menjadi 87,79 dengan ketuntasan belajar 97%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Model Inquiry dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PKn Siswa Kelas VI Semester I Tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 12 Sanur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 00:25
Last Modified: 12 Mar 2020 00:25
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item