PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Kartika, Ni Wayan (2019) PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI WAYAN KARTIKA.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Sanur di Kelas IV yang prestasi belajar matematika masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Data penelitian tentang prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 59,76 meningkat menjadi 66,4 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,3 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 46% pada siklus I meningkat menjadi 67 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 00:19
Last Modified: 12 Mar 2020 00:19
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item