PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 7 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN2017/2018

Surati, Ni Wayan (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 7 PEDUNGAN TAHUN PELAJARAN2017/2018. Widyadari, 21 (26). pp. 1-9. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI WAYAN SURATI.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SD Negeri 7 Pedungan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Setelah data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata awal 68,67naik menjadi 76,49 pada siklus I dan naik menjadi 84,45 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 12 Mar 2020 00:13
Last Modified: 12 Mar 2020 00:13
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item