Tianyar, I Dewa Gede (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 2 YANGAPI, BANGLI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232
|
Text
I DEWA GEDE TIANYAR.pdf Download (841kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Yangapi di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Yangapi. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 66,41, pada Siklus I meningkat menjadi 76,26. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 81,69 dengan ketuntasan belajar awal 59% pada siklus I meningkat menjadi 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Yangapi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 03:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 03:44 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |