PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 2 YANGAPI, BANGLI

Tianyar, I Dewa Gede (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 2 YANGAPI, BANGLI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I DEWA GEDE TIANYAR.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Yangapi di Kelas V yang kemampuan prestasi belajar PKn siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Yangapi. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dari data awal 66,41, pada Siklus I meningkat menjadi 76,26. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 81,69 dengan ketuntasan belajar awal 59% pada siklus I meningkat menjadi 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V Semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 2 Yangapi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:44
Last Modified: 10 Mar 2020 03:44
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item