PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn

Suriani, Ni Ketut (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn. Widyadari, 21 (26). pp. 1-10. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI KETUT SURIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Kawan di Kelas V Semester I yang memiliki prestasi belajar PPKn rendah. Tujuan dilakukan penelitian tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn Siswa Kelas V Semester I SDN 3 Kawan tahun pelajaran 2017/2018 dengan penggunaan model pembelajaran CTL. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut, nilai rata-rata data awal 71,66 pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74,74. Pada siklus II nilai rata-rata 82,47. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 10,81 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 38 siswa, hanya 14 siswa pada data awal yang tuntas, kemudian menjadi 26 siswa pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan diperoleh oleh seluruh siswa. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian tindakan Kelas ini adalah model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa Kelas V Semester I SDN 3 Kawan tahun pelajaran 2017/2018 Kata kunci : contextual teaching and learning (CTL), prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:34
Last Modified: 10 Mar 2020 03:34
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item