PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ida Anggraeni, Ni Nyoman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-11. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI NYOMAN IDA ANGGRAENI.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas II Semester I di SD Negeri 2 Tamanbali Bangli masih rendah. Model Pembelajaran Problem solving dipilih sebagai model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut, Nilai rata-rata awal 66,06 naik menjadi 68,47 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 77,41. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 11.35 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, dari 17 siswa hanya 5 orang (29,41%) yang tuntas sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan hingga 11 siswa (64,71%) dan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas (100,00%). Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian Model Pembelajaran Problem solving dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:30
Last Modified: 10 Mar 2020 03:30
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item