PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 3 KAWAN BANGLI

Putra, I Dewa Gede (2019) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 3 KAWAN BANGLI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I DEWA GEDE PUTRA.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Kawan, Bangli Kelas VI Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar IPA siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPA siswa SD Negeri 3 Kawan, Bangli di Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar IPA siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 69,2 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 26%, pada siklus I meningkat menjadi 78,3 dengan prosentase sebesar 78,9% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 84,4 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester I SD Negeri 3 Kawan, Bangli. Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:25
Last Modified: 10 Mar 2020 03:25
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item