PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM DI SD NEGERI 2 TAMAN BANGLI BANGLI

Sudani, Ni Made (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM DI SD NEGERI 2 TAMAN BANGLI BANGLI. Widyadari, 21 (26). pp. 1-12. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI MADE SUDANI.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tamanbali, Bangli Kelas V Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar PJOK siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar PJOK siswa SD Negeri 2 Tamanbali, Bangli di Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar PJOK siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 67,8 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 21,7%, pada siklus I meningkat menjadi 75,3 dengan prosentase sebesar 69,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 82,7 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar PJOK siswa kelas V semester I SD Negeri 2 Tamanbali, Bangli. Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kuantum

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:01
Last Modified: 10 Mar 2020 03:01
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item