PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Suartini, Ni Wayan (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Widyadari, 21 (26). pp. 1-8. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI WAYAN SUARTINI.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Kawan Bangli pada siswa kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Matematikasiswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,81, pada siklus I menjadi 77,36 dan pada siklus II menjadi 82,81. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika Siswa kelas III Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 3 Kawan Bangli Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw , Prestasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:52
Last Modified: 10 Mar 2020 02:52
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item