Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017.

Cahayani, Ni Luh Putu and alit, dewa made (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Social Studies, 6 (1). pp. 34-39. ISSN 2301-4695

[img]
Preview
Text
34-39 Ayu Juliantari 2.docx Finish.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/socialstu...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Metode ini dilakukan dengan emapat tahap seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupkan tahapan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkahyang sama dan difokuskan pada pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Abiansemal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) serta hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,94 dengan daya serap 65,94%, dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 25,00%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 4,86 yaitu dari 61,08 pada refleksi awal menjadi 65,94 pada siklus I. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah sebanyak 9 orang siswa (25,00%) dan tidak tuntas sebanyak 27 orang siswa (75,00%). Sementara pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,30 dengan daya serap 79,30%, dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 13,36 yaitu dari 65,94 pada siklus I menjadi 79,30 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus II adalah sebanyak 36 orang siswa (100%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ni Luh Putu Cahayani
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:34
Last Modified: 26 Nov 2019 03:34
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item