Astuti, Ni Wayan Widi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Social Studies, 6 (1). pp. 50-59. ISSN 2301-4695
|
Text
50-59 SANELA ( Widi) Finish.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada siklus I,nilai rata-rata mata pelajaran IPS siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar sebesar 67.80, dengan daya serap sebesar 67,80% dan ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang atau mencapai 15,00%. Ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 17,48 dari rata-rata pada refleksi awal sebesar 50,32 menjadi 67,80 pada siklus I. Dan persentase aktivitas siswa sebesar 41,50%, ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa berlangsung kurang aktif. Pada siklus II,nilai rata-rata mata pelajaran IPS siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar sebesar 80,10, dengan daya serap80,10% dan ketuntasan klasikal telah mencapai 40 orang atau 100%. Ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 12,30 yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,80 pada siklus I menjadi 80,10 pada siklus II. Dan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 41,00% yaitu dari 41,50% pada siklus I menjadi 82,50% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus II tergolong sangat aktif
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS), IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ni Wayan Widi Astuti |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 03:45 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 03:45 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/477 |
Actions (login required)
View Item |