Widana, I Nengah Suka and Sumaryani, N. Putri and Pradnyawati, Ni Luh Wayan Ayuning (2018) Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7 (1). pp. 38-48. ISSN 2622-8688
|
Text
77-13-171-1-10-20180904.pdf - Published Version Download (356kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi, maka dilakukan penelitian quasi experiment, non equivalen posstest-only control group design. Populasi berupa semua peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Mengwi, terdiri atas 8 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik multistage random sampling, terpilih dua kelas sampel, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kontrol. Jenis data kuantitatif berupa skor kemampuan berpikir kritis, dengan angket dan data hasil belajar, menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan t-test dan MANOVA berbantuan SPSS 15.0 for Windows. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) terdapat pengaruh signifikan model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar, dan 2) terdapat pengaruh secara simultan model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Simpulan penelitian adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi dapat dipicu melalui penerapan model blended learning berbantuan komik digital.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Komik Digital, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 00:21 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 00:21 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |