Analisis Strukturalisme Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Cerpen-Cerpen Karya I.B. Keniten sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Pembelajaran Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Artajaya, Gede Sidi (2014) Analisis Strukturalisme Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Cerpen-Cerpen Karya I.B. Keniten sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Pembelajaran Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (TESIS)
TESIS SIDI SUKSES SASTRA.docx - Published Version
Restricted to Registered users only until 20 April 2022.

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) struktur formal yang terkandung pada cerpen-cerpen karya I.B. Keniten, 2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada cerpen-cerpen karya I.B. Keniten, dan 3) pendapat siswa kelas XI SMAN 4 Denpasar mengenai nilai-nilai pendidikan karakter pada cerpen-cerpen karya I.B. Keniten. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah cerpen cerpen karya I.B. Keniten dan 72 siswa kelas XI SMAN 4 Denpasar. Objek penelitian adalah struktur formal cerpen karya I.B Keniten, nilai-nilai pendidikan karakter, dan pendapat siswa terhadap cerpen-cerpen karya I.B. Keniten. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 1) metode dokumentasi untuk memperoleh data struktur formal dan nilai-nilai pendidikan karakter dan 2) metode kuesioner untuk mengetahui pendapat siswa terkait nilai pendidikan karakter. Data dianalisis dengan tahapan, di antaranya 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) struktur formal yang terkandung pada cerpen-cerpen karya I.B. Keniten, terdapat 11 cerpen dengan tema yang mengandung nilai pendidikan karakter. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dominan protagonist sehingga memberikan nilai-nilai positif bagi pembaca. Selain itu, antara alur dan latar juga memiliki relevansi yang mendukung nilai-nilai pendidikan karakter, 2) cerpen-cerpen karya I.B. Keniten mengandung 17 nilai dari 18 nilai karakter bangsa, yaitu relegius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan dan sosial, serta tanggung jawab. Dari 17 nilai pendidikan karakter di atas, nilai agama dan kejujuran yang paling dominan karena 12 dari 14 cerpen yang dianalisis terkandung nilai agama dan kejujuran, dan 3) siswa berpendapat nilai-nilai pendidikan karakter pada cerpen-cerpen karya I.B. Keniten mudah dipahami dengan bahasa yang sederhana, mengandung tema pendidikan, dan dapat dijadikan bahan pengayaan pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa kumpulan cerpen karya I.B. Keniten mengangkat tema pendidikan, tokoh yang protagonis dengan teknik dramatik, alur dan latar yang memiliki relevansi dengan 17 nilai-nilai pendidikan karakter. Siswa berpendapat bahwa cerpen karya Keniten mudah dipahami dengan bahasa yang sederhana dan mengandung nilai karakter sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran sastra bagi guru di SMA. Guru diharapkan agar memilih sumber belajar yang bervariasi dan inovatif dalam pembelajaran sastra

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PT Germanic literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
Depositing User: GEDE SIDI ARTAJAYA
Date Deposited: 05 Feb 2022 13:00
Last Modified: 09 Feb 2022 06:01
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item