ANALISIS BUTIR SOAL

Mahendra, I Wayan Eka (2019) ANALISIS BUTIR SOAL. In: Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, 4-7 September 2019, Singaraja. (Unpublished)

[img] Text
Anabut.doc

Download (417kB)

Abstract

Masalah evaluasi termasuk salah satu masalah yang banyak dibicarakan, baik oleh para ahli pendidikan, konselor, kepala sekolah dan khususnya guru yang sehari-hari terlibat langsung dalam proses pendidikan di sekolah. Dalam semua pembahasan tentang sistem instruksional, evaluasi hasil belajar mengajar menempati pusat perhatiah tersendiri, karena erat sekali hubungannya dengan usaha peningkatan mutu, relevansi, dan efisiensi pendidikan. Evaluasi pendidikan memiliki ruang lingkup yang luas. Dalam evaluasi pendidikan paling sedikit mencakup tiga sasaran pokok, yaitu: evaluasi proses, evaluasi hasil belajar, dan evaluasi program. Evaluasi proses belajar menyangkut, kegiatan guru dalam pembelajaran, interaksi guru dan peserta didik, interaksi peserta didik dengan peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Evaluasi hasil belajar menyangkut hasil belajar jangka pendek dan jangka panjang yang meliputi ranah kognitif, apektif, dan psikomotor. Evaluasi program pendidikan, antara lain penilaian terhadap semua komponen pendidikan (tujuan pendidikan, isi program, strategi pelaksanaan program, dan sasaran pendidikan). Kegiatan menganalisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah ditulis. Kegiatan ini merupakan proses pengumpulan, peringkasan, dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko, 1996). Banyak guru atau calon guru yang telah memiliki kemampuan yang memadai tentang bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan bahan pelajaran secara terperinci, memilih dan menentukan metodelogi mengajar, menyiapkan media dan sarana pembelajaran, tetapi masih belum memiliki kemampuan yang diharapkan dalam bidang evaluasi hasil belajar. Oleh karena itu, kemampuan dan keterampilan melakukan evaluasi merupakan kemampuan profesional yang harus dikuasai oleh setiap guru atau calon guru. Menguasai kemampuan ini tidaklah mudah, tetapi memerlukan latihan dan pengalaman lapangan yang memadai. Kemampuan dalam bidang evaluasi, khususnya evaluasi hasil belajar bukan hanya bermanfaat dalam proses belajar mengajar, tetapi juga bermanfaat dalam rangka penelitian ilmiah, yaitu tentang bagaimana cara membuat alat ukur yang valid dan reliabel. Dalam menyusun alat ukur diperlukan beberapa langkah, yaitu: cara menyusun/menulis alat ukur serta menganalisis alat ukur sehingga menjadi alat ukur yang valid dan reliabel.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Wayan Eka Mahendra
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:13
Last Modified: 13 Nov 2019 10:13
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item