Dr. A.A. NGURAH ADHIPUTRA, MPD. (2010) Pedoman - Model Layanan Bimbingan Keterampilan Hidup (Life Skills Counselling) Berlandasakan Tri Hita Karana. 052270.
Archive (Haki:Hak Ciptaan Buku Life Skills Counselling Berlandaskan Tri Hita Karana)
IMG-20190222-WA0000.jpg - Published Version Restricted to Registered users only until 10 March 2022. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (66kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model pendekatan layanan bimbingan keterampilan hidup berlandaskan Tri hita karana untuk membantu warga belajar atau generasi muda mengembangkan kecakapan umum keterampilan hidup yaitu: (a) mengenal diri, (b) membelajarkan diri, (c) kemandirian, (d) komunikatif, (e) kooperartif & kolaboratif, dan (f) solidaritas. Penelitian ke arah pengembangan model bimbingan dalam pembelajaran program pendidikan keterampilan hidup di masyarakat perlu segera dilakukan, karena layanan bimbingan di masyarakat lebih berorientasi kepada penguasaan kecakapan khusus yaitu kecakapan akademik dan kecakapan vokasional saja dan kurang memperhatikan aspek kecakapan umum. Oleh karena itu, layanan bimbingan keterampilan hidup sudah dirasakan sebagai suatu kebutuhan yang sangat mendesak terutama dalam pemberdayaan generasi muda di masyarakat. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu pertama melakukan orientasi awal keadaan umum pembelajaran program pendidikan keterampilan hidup di masyarakat. Kegiatan ini meliputi mengkaji hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan layanan bimbingan keterampilan hidup, mengkaji penelitian tentang konsep Tri hita karana, dan mengkaji hasil-hasil penelitian pengembangan model layanan bimbingan membaca permulaan. Secara keseluruhan dapat dilaporkan bahwa penelitian ini telah mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu mengembangkan sebuah model pelaksanaan layanan bimbingan keterampilan hidup berlandaskan Tri hita karana yang dapat digunakan bagi pamong belajar/tutor, nara sumber teknis, pendamping/pembimbing, pengelola atau fasilitator baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat desa. Model ini bersifat preventif dan pengembangan di samping kuratif. Kata kunci: Tri hita karana, mengenal diri, membelajarkan diri, kemandirian, komunikatif, kooperatif & kolaboratif, dan solidaritas.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Adhiputra A. A. Ngurah |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 14:31 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 14:31 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/267 |
Actions (login required)
View Item |