PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Widana, I Wayan PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9 (1). ISSN 620-6641

[img]
Preview
Text
4. Sinta 4_Pengaruh Inkuiri_Citra Bhakti.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Udayana yang berjumlah 132 siswa dengan sampel 68 orang. Desain penelitian adalah treatment by level dengan instrumen tes hasil belajar Matematika dan kuesioner kemandirian belajar. Data hasil belajar dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur, kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Sig < 0,05 atau 0,017 < 0,05) ; (2) Ada pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar. (Sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05); (3) Ada perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa sekolah dasar yang memiliki kemandirian belajar tinggi. (Qhitung > Qtabel atau 10,0134 > 2,98); dan (4) Ada perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada Siswa sekolah dasar yang memiliki kemandirian belajar rendah (Qhitung > Qtabel atau 5,1329 > 2,98).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Wayan Widana
Date Deposited: 24 Apr 2023 09:22
Last Modified: 24 Apr 2023 09:22
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item