HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik

Mahendra, I Wayan and Jayantika, I Gusti Agung Ngurah Trisna and Sulistyani, Ni Wayan Rima (2019) HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 93-101. ISSN 2579-7646

[img]
Preview
Text
upgris.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/arti...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran HOTS-speed test berbasis model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam meningkatkan kemampuan penalaran anlisis (KPA) peserta didik kelas XI MIPA SMA N 1 Marga. Dengan menggunakan desain group factorial (treatment by subject); melibatkan sampel sebanyak 132 peserta didik. HOTS-speed test dan PBL merupakan variabel independen, serta KPA sebagai variabel dependen. Data penelitian dijaring dengan menggunakan tes, yaitu: tes KPA, yang telah diuji validitas dan koefisien reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan Anava dua jalur, yang sebelumnya diuji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian mengindikasikan terdapat pengaruh HOTS-speed test setting model pembelajaran berbasis masalah terhadap KPA peserta didik. Supaya diperoleh KPA yang lebih optimal, jenis tes yang digunakan harus dipertimbangkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: i gusti agung ngurah trisna jayantika
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:12
Last Modified: 13 Nov 2019 10:12
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item