ANALISIS KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA SMA UNTUK MENGEMBANGKAN ASESMEN HOTS

Widana, I Wayan (2021) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA SMA UNTUK MENGEMBANGKAN ASESMEN HOTS. In: Transformasi Pendidikan: Membangun SDM Unggul di Era Society 5.0 untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 5.0. El-Markazi, pp. 13-24.

[img] Text
BOOK CHAPTER UNIWARA 6 AGUSTUS 2021_repo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru matematika SMA mengembangkan asesmen HOTS. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Responden penelitian adalah guru-guru matematika SMA di Kota Denpasar, Bali, berjumlah 85 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guruguru matematika SMA di Kota Denpasar telah melakukan mekanisme pengembangan asesmen HOTS dengan baik; (2) asesmen HOTS yang telah dikembangkan oleh guru menggunakan stimulus kontekstual diperoleh dari berbagai sumber; (3) masih ada guru yang mengembangkan asesmen dengan cara mengutip soal di buku sebanyak 34,12% yang berarti bahwa unsur kebaruan asesmen itu masih rendah, sedangkan sebanyak 65,88% guru lainnya mengembangkan asesmen yang dengan cara yang bervariasi yaitu mengembangkan sendiri, modifikasi, dan meniru contoh yang sudah ada; (4) bentuk asemen yang dikembangkan cukup bervariasi yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan uraian; (5) guru melakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap asesmen HOTS yang dikembangkan; dan (6) frekuensi guru mengembangkan asesmen HOTS masih rendah.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Wayan Widana
Date Deposited: 01 Jun 2022 08:05
Last Modified: 24 Apr 2023 08:38
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item