Hermawan, Edy and Jayantika, I Gusti Agung Ngurah Trisna and Liska Andari, Ni Kadek (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Bentuk Diktat Kartun Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Mengontrol Kemampuan Numerik Siswa. Emasains, 8 (1). pp. 122-130. ISSN 2622-8688
|
Text
emasains.pdf Download (489kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual dalam bentuk dikte kartun terhadap hasil belajar matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Blahbatuh. Dalam implementasinya, kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran audiovisual dalam bentuk dikte kartun dan kelompok kontrol menggunakan media konvensional. Sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual berupa dikte kartun terhadap hasil belajar matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik siswa, maka jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan post-test tidak setara saja. desain kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blahbatuh dengan total 387 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Ada dua jenis instrumen untuk menangkap data yaitu tes kemampuan numerik dan tes hasil belajar matematika yang sebelumnya diuji. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan anakova. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran audiovisual dalam bentuk kartun diktat dengan media konvensional sebelum atau sesudah mengendalikan kemampuan numerik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | i gusti agung ngurah trisna jayantika |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:11 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 10:11 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
View Item |