MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Eka Mahendra, I Wayan (2016) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). In: Workshop Review Kurikulum 2013 di SMP N 12 Denpasar, 14 Juni 2016, SMP N 12 Denpasar. (Unpublished)

[img] Text
makalah ptk.doc

Download (215kB)

Abstract

Belakangan ini penelitian tindakan (PT) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya, PT ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. PT kemudian berkembang dan mengimbas pada bidang pendidikan, terutama dalam proses mengajar belajar di kelas yang kemudian disebut dengan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah secara sistematis. PTK merupakan sebuah penelitian yang bersifat bottom up research, yaitu penelitian yang tumbuh dari bawah yang dilakukan oleh guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas atau biasa disebut PTK atau dalam bahasa Inggris disebut classroom action research (CAR) adalah sebuah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Wayan Eka Mahendra
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:10
Last Modified: 13 Nov 2019 10:10
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item