Asesmen Alternative Dalam Pembelajaran Matematika

Eka Mahendra, I Wayan (2019) Asesmen Alternative Dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali, 9 Juli 2019, LPMP Provinsi Bali. (Unpublished)

[img] Text
Makalah Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bali cek.doc

Download (127kB)

Abstract

Saat ini kurikulum yang diterapkan mengisyaratkan pembelajaran yang student oriented (berpusat pada siswa) dan menitik beratkan pada proses tanpa mengesampingkan hasil. Asesmen yang dilakukan di sekolah yang berkaitan dengan aspek kognitif hanya diakses dengan menggunakan tes yang bersifat closed-ended (jawaban tunggal), umumnya menggunakan tes kertas pesil untuk mengukur hasil belajar siswa. Tes-tes yang selama ini digunakan di sekolah, khususnya dalam pembelajaran matematika hanya mengukur kemampuan kognitif tingkat dasar (basic skill/lower order thinking), yaitu mengingat, memahami dan mengaplikasikan/menerapkan. Oleh karena itu diperlukan asesmen lain yang tidak hanya berbentuk tes kertas pensil (paper and pencil test) yang hanya mengakses kemampuan mengerti matematika sebagai pengetahuan (kognitif) akan tetapi juga asesmen yang mampu mengakses pengetahuan strategi, komonikasi maupun aspek sikap (attitude) terhadap matematika. Dalam dunia pendidikan termasuk dalam pembelajaran matematika, asesmen memiliki sejarah yang sangat panjang dalam perkembangannya. Asesmen menggunakan tes misalnya, telah diterapkan di sekolah-sekolah sejak lama dan penggunaanya meningkat secara drastis sejak peralihan abad terakhir ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Wayan Eka Mahendra
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:09
Last Modified: 13 Nov 2019 10:09
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item