Bimbingan di Taman Kanak-kanak dan Karakteristik Guru Sebagai Pembimbing di TK.

Adhiputra, A.A.Ngurah (2013) Bimbingan di Taman Kanak-kanak dan Karakteristik Guru Sebagai Pembimbing di TK. In: Bimbingan dan Konseling: Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Bab.VI Karakteristik Guru Sebagai Pembimbing di TK., 1 (99). GRAHA ILMU, Ruko Jambusari No. 7 A Yogyakarta, pp. 55-102. ISBN 978-979-756-963-1

[img]
Preview
Text
BAB V dan VI BK SD an TK.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bukan hanya anak lebih siap belajar di tingkat SD, melainkan yang lebih penting agar anak memperoleh rangsangan (stimulation) intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Proses Pendidikan PAUD, akan mudah tergelincir pada praktek-praktek yang bernuansa ‘Akademik’ sebagaimana terjadi di sebagian TK dewasa ini. Secara Akademik: PAUD membantu anak usia dini agar tumbuh dan kembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Kesiapan Anak untuk memasuki SD lebih merupakan ‘ a by product’ dari perlakuan sejak dini tersebut. Batasan tentang masa anak cukup bervariasi. Dalam pandangan mutakhir yang lazim dianut dinegara maju, istilah anak usia dini (early childhood) adalah anak yang berkisar antara usia 0-8 tahun. Bila dilihat dari jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia, maka yang termasuk dalam kelompok anak usia dini adalah anak usia SD kelas rendah (kelas 1-3), Taman Kanak-kanak (kindergarten), kelompok bermain (play group) dan anak masa sebelumnya (masa bayi). Masa Taman Kanak-kanak dalam hal ini dipandang sebagai masa anak usia 4-6 tahun. Guru adalah pembimbing bagi anak taman kanak-kanak. Proses tumbuh kembang anak sangat ditunjang oleh peran guru sebagai pembimbing. Agar guru dapat melaksanakan layanan bimbingan pada anak maka guru perlu menguasai berbagai karakteristik bimbingan. Selain itu, guru juga harus menguasai sejumlah kemampuan dalam memberikan layanan bimbingan pada anak. Perlakukan dan layanan pada anak harus sangat mempertimbangkan karakteristik dan kemampuan anak, artinya unsur memaksa pada anak malah akan menghasilkan perilaku yang jauh dari harapan.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Adhiputra A. A. Ngurah
Date Deposited: 09 Mar 2022 13:34
Last Modified: 09 Mar 2022 13:34
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item