Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Mayudana, I Kadek Yogi and Sukendra, I Komang (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains, 9 (2). pp. 129-140. ISSN 2622-8688

[img]
Preview
Text
26. Pembelajaran Tipe STAD. Emasain Sept 2020.pdf

Download (481kB) | Preview
Official URL: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dirancang dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS 3 SMA N 7 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 39 orang siswa, dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar. Metode pengumpulan data adalah metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dengan skor rata-rata hasil belajar siswa 74,80 dan daya serap siswa 74,80%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,92 dan daya serap siswa 81,92%. Rata-rata persentase aktivitas aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 11,88%. Ada peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning model, STAD, activities, learning outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Komang Sukendra
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:03
Last Modified: 24 Jan 2022 01:03
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item