PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN BAKAT NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukendra, I Komang (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN BAKAT NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 19 (23). ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
5. Pengaruh Problem Based Learning.pdf

Download (293kB) | Preview
Official URL: https://repository.mahadewa.ac.id/id/eprint/15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi dan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis asesmen kinerja dan bakat numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam eksperimen ini adalah Treatment By Level (2x2) dimana salah satu variabel bebasnya akan berfungsi sebagai variabel moderator. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 7 Denpasar pada Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 9 kelas IPA dan 3 kelas IPS dengan 430 orang. Sampel dipilih sebanyak 4 kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 6 dan X IPA 7 sebagai kelompok kontrol dengan teknik multistage random sampling. Instrumen dalam penelitian berupa metode tes hasil belajar matematika dan tes bakat numerik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis ANAVA dua jalur dan Uji Tukey. Berdasarkan hasil perhitungan Anava dua jalur menunjukkan bahwa nilai F untuk interaksi AxB diperoleh Fhitung sebesar 13,72, sedangkan Ftabel dengan taraf signifikansi 5% dan dbD 76 sebesar 3,97. Ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel(0,05)(1,76) (13,72 > 3,97), sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji Tukey diperoleh Qhitung sebesar 6,19 sedangkan Qtabel untuk taraf signifikansi 5%, dengan k = 4 dan n = 20 sebesar 3,96. Ternyata Qhitung > Qtabel(0,05)(4,20), (6,19 > 3,96) , sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis data diperoleh : (1) ada interaksi antara model pembelajaran dan bakat numerik peserta didik terhadap hasil belajar matematika (2) ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning berbasis asesmen kinerja dengan peserta didik yang mengikuti model konvensional pada peserta didik yang memiliki bakat numerik tinggi, (3) ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning berbasis asesmen kinerja dengan peserta didik mengikuti model konvensional pada peserta didik yang memiliki bakat numerik rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada interaksi dan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis asesmen kinerja dan bakat numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja, Bakat Numerik, dan Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Komang Sukendra
Date Deposited: 23 Jan 2022 16:54
Last Modified: 23 Jan 2022 16:54
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item