PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA PADA MAHASISWA SEMESTER V FP-MIPA IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sukendra, I Komang (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA PADA MAHASISWA SEMESTER V FP-MIPA IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Widyadari, 17 (21). ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
4. Pengaruh Penerapan Model.pdf

Download (341kB) | Preview
Official URL: https://repository.mahadewa.ac.id/id/eprint/14

Abstract

Proses pembelajaran matematika selama ini dilakukan dosen cenderung melalui pembelajaran dan penjelasan bentuk umum dilanjutkan dengan menjelaskan contoh soal formal dengan langkah-langkah pengerjaannya dan mahasiswa menirukan. Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa yang masih tergolong rendah, hal ini disebabkan masih masalah yang disajikan oleh dosen didominasi oleh penyajian masalah tertutup, kurang menekankan pada pengintegrasian pemecahan masalah, dan cenderung hanya dihadapkan pada penyajian masalah yang kurang memberikan ruang pada mahasiswa untuk berkreativitas. Dengan penerapan model pembelajaran pemecahan masalah matematika terbuka dimana masalah matematika yang dirumuskan sedemikian rupa sehingga memiliki lebih dari satu jawaban yang benar, dengan berbagai kemungkinan prosedur pemecahannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka pada mahasiswa semester V FP-MIPA IKIP PGRI Bali pada tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka pada mahasiswa semester V FP-MIPA IKIP PGRI Bali pada tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian None Equivalen Posttest-Only Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu model pembelajaran, dimana model pembelajaran dibedakan menjadi dua level yaitu model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka dan model pembelajaran pemecahan masalah serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiwa semester V FP-MIPA IKIP PGRI Bali tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Sebelum pengambilan sampel terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan menggunakan uji-t. Pengumpulan data hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh thitung = 2,91. Dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan untuk db = 46 – 2 = 44, maka diperoleh ttabel = 1,988 sedangkan sehingga thitung > ttabel , dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaraan pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka terhadap hasil belajar mahasiswa semester V FP-MIPA IKIP PGRI Bali pada tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Komang Sukendra
Date Deposited: 23 Jan 2022 16:54
Last Modified: 23 Jan 2022 16:54
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item