PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Trisna Jayantika, I Gusti Agung Ngurah and Eva Yuliawati, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (2). pp. 283-295. ISSN 2549-1164

[img]
Preview
Text
Transformasi.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain Non Equivalent Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil secara acak dengan teknik random sampling. Data aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan dengan metode angket dan tes, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat peerbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: i gusti agung ngurah trisna jayantika
Date Deposited: 22 Jan 2022 14:26
Last Modified: 22 Jan 2022 14:26
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item